Algoritma Cinta Karya Andi Budi Setiawan



Judul: Algoritma Cinta (Biarkan Algoritma Selaras Dengan Semesta)
Penulis: Andi Budi Setiawan, S.Pd
ISBN: 978-623-96370-7-1
Harga: Rp56.000

Algoritma Cinta

Rasa syukur yang terdalam teruntuk Allah SWT atas segala nikmat karuniaNya, sumber energi, inspirasi dan pemikiran sehingga penulis dapat menyelesaikan kumpulan naskah puisi ini. Terima kasih untuk keluarga, kerabat, sahabat, dan teman yang telah memberikan energi, inspirasi, dan motivasi dalam menulis karya puisi yang berjudul “Algoritma Cinta”.

Saat pagi hendak berucap terlihat sang mentari sedang terbangun dari tidurnya. Sinarnya cerah merefleksikan kehidupan. Begitu halnya puisi adalah mentari yang selalu menyinari di setiap jengkal ruang hati. Puisi adalah kehidupan, harapan, keinginan dan cita-cita. Puisi adalah energi yang memberikan kedamaian.

Banyak perbendaharan kata yang tersirat di semesta dibutuhkan pemahaman, perenungan, analogi dan diksi untuk merangkainya menjadi sebait puisi. Ibarat Algotirma dalam ilmu matematika, segala sesuatunya sudah terhubung satu dengan lainnya “Everything is Coneccted”. Di mana setiap bait mengandung makna dan nilai histori yang mampu memberikan energi positif kepada pembaca. Ibarat cinta itu sebuah pohon yang ranum, buku ini hanyalah sehelai daun yang terjatuh dari pohonya. Begitu luas makna cinta, namun ada keterbatasan dalam mengaplikasikan ke bentuk tulisan.

Kumpulan puisi “Algoritma Cinta” merupakan secuil pengalaman cinta dari penulis yang dikemas dengan majas sederhana agar suasana setiap bait puisi terasa semakin hidup dan mudah dipahami pembaca. Ada beberapa keterkaitan puisi satu dengan lainnya.

Seperti halnya sekuel dalam sebuah film. Dibutuhkan waktu cukup lama dalam pembuatan buku puisi Algoritma Cinta ini. Di mana penulis mulai menulis puisi ini tahun 2004 sampai dengan tahun 2021. Beberapa judul puisi di antaranya: Mawar pun Gugur, Menepis Angan Meraih Mimpi, Melodi Cinta, Ballada Bintang dan Hujan, Setangkai Mawar Putih, Nisan Cinta, Ballada Sekuntum Bunga, Anggrek Bulan, Kepongahanku, Saat Senja Berucap dan Puisi untuk Senja (Maret 2021).

Tentu tiada gading yang tak retak. Kritik, saran serta masukan sangat penulis harapkan untuk kedepan agar karya bisa mendapatkan tempat dihati penikmat karya sastra khususnya puisi. Mohon maaf atas kesalahan yang terungkap maupun yang tersirat.

Biodata Penulis

Andi Budi Setiawan nama pena Pena Panuluh lahir di Banyuwangi dulu kerab dijuluki kota Santet, lekat dengan klenik dan mistis. Sekarang persepsi itu perlahan pudar dan menjadikan kota Banyuwangi sebagai kota seribu gandrung. Lahir pada tanggal 05 Desember 1985 tinggal di Rogojampi, tepat ditengah-tengah kota, sebelah timur berdekatan dengan bandara Internasional Blimbingsari, sedangkan disebelah barat tak seberapa jauh dari Gunung Raung dan Ijen. Latar belakang pendidikan penulis sarjana matematika di Universitas PGRI Banyuwangi, dan saat ini bekerja sebagai tenaga pendidik disalah satu sekolah kejuruan swasta (SMK PGRI Rogojampi) yang ada di kabupaten Banyuwangi dan mengampu bidang studi matematika sampai sekarang.

Semasa dibangku SMA penulis aktif menulis puisi, artikel, cerpen dan syai lagu. Juga aktif dalam kegiatan diklat jurnalistik, KIR, mading, teater sampai musik. Berbagai even yang pernah diikuti seperti lomba puisi, lomba teater, festival musik baik tingkat sekolah, kabupaten maupun provinsi. Pernah menjadi kontingen kabaupaten Banyuwangi diajang Porseni Jawa Timur bidang Lomba Teater. Juga pernah menjadi finalis LA Start Up 2010 stage rookie wilayah Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Bali. Salah satu pemenang Lomba Cipta Puisi Nasional bersama Penerbit Lintang Banyuwangi tahun 2021.

Sebelum mengajar di SMK PGRI Rogojampi, penulis pernah mengajar di SD Negeri 1 Gitik Rogojampi (2005 – 2009) sebagai guru sekaligus operator sekolah. Selanjutnya mengajar di SMA PGRI Rogojampi, menjadi guru matematika dan Operator Sekolah, pernah menjabat sebagai wakil kepala bidang kurikulum (2010 – 2013), terakhir menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA PGRI Rogojampi (2014 s.d. 2018) pada usia yang cukup muda yaitu 28 tahun.

Selain mengajar, penulis juga akif dibeberapa organisasi baik sosial maupun keagamaan, praktisi hypnosis, komunitas Triangle Work, Quantum X Formation dan SNLP dan kegiatan pelatihan lainnya yang bergerak dibidang pemberdayaan. Penulis aktif juga dalam menulis syair lagu dan salah satunya lagu singlenya “Kenangan Bersamamu” yang dirilis tahun 2012 dengan nama band “Lare Ilang” di link : www.reverbnation.com/lareilang (ada empat lagu) dan di chanel you tube : www.youtube.com/channel/UCd0gcZmDqlF71TVVulc8j1Q.

Blog pribadi penulis: https://penapanuluh.blogspot.com/. Pena Panuluh juga memberikan ruang untuk pecinta sastra bidang puisi, cerpen, karya fiksi maupun non fiksi agar bisa berpartisipasi untuk memberikan kritik, saran dan masukan. Juga karya ilmiah sederhana yang bisa membantu pengunjung sebagai bahan literasi atau daftar pustaka.

Menulis adalah media untuk mengtransformasi energi dan pengetahuan kedalam bentuk tulisan.

- Pena Panuluh.

0 Komentar